INFO BERKAITAN DIBAWAH INI:

Agen Jus Tahitian Noni Surabaya
susu kedelai enakSusu Kedelai Cepat Saji Buatan Suharsi, Rasa Lezat Omset Melesat Menggunakan Mesin Otomatis Susu Kedelai



BERITA *

Manfaatkan Kesempatan promo sebelum harga Naik. Harga mesin Kinichi Rp. 1.530.000,-

Stok merk KINICHI sedang kosong yang ada merk CAINA yang bisa untuk bikin susu kedelai/sari kedelai dan bubur, harga lebih murah untuk lihat gambarnya KLIK disini. Detail produk & harga silahkan sms nama & lokasi anda ke 08175113313 / email, nanti akan dikirim file panduan mesin lebih lengkap.

Terima kasih

Taufik Hidayanto
08175113313
thidayanto {at} gmail {dot} com

Eco BALL


Rabu, 16 April 2008

Keawetan Susu Kedelai

Salah satu ciri kekurangan susu kedelai murni (tanpa bahan pengawet) adalah gampang rusak bila didiamkan dalam beberapa jam (5-6 jam) bahkan bisa kurang dari itu. Salah satu penyebab mengapa susu kedelai gampang rusak adalah dalam proses kurang dijaga kebersihannya juga bahan yang digunakan untuk mengolahnya.

Berdasar pengalaman ternyata kualitas air sangat berpengaruh terhadap tahan lama tidaknya susu kedelai bertahan tidak gampang rusak. Beberapa tips untuk menambah rentang waktu ketahanan susu kedelai:

  1. Cuci rendaman kedelai sampai betul-betul bersih dengan beberapa kali aduk, sedikit remasan dan bilas berkali-kali sampai air yang menggenanginya kelihatan jernih.
  2. Gunakan air bersih yang tingkat pencemarannya minimal untuk memasak susu kedelai. Mengolah susu kedelai dengan berbahan air PAM (daerah Surabaya) ternyata hasilnya കുരന്ഗ് bagus, 4 jam didiamkan sudah rusak dengan ditandainya susu kedelai mengental terpisah dengan airnya. Sekedar info: air PAM di Surabaya tergolong jelek ടാണ്ടാന്യ jika ditampung dalam bak mandi dalam beberapa hari bisa keluar jentik ulat (jawa: uget-uget).
  3. Alternatif bisa gunakan air galonan (depo isi ulang) yang sudah banyak bertebaran dimana-mana. Pilih yang benar-benar airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Akan tetapi perlu di perhatikan juga air galonan terkadang kurang bagus disaat musim penghujan karena tampungan sumber mata airnya sudah tercampur/kontaminasi dengan air hujan.
  4. Bisa menggunakan air galon bermerk spt. Aqua, Total atau Cleo (banyak dijual di Indomaret) /Fikura. Menggunakan air bermerk yang disebut terakhir (Clxx / Fixxx) ternyata daya awet susu kedelai lebih panjang dari merk-merk lainnya (bisa sampai 10-12jam).
  5. Masukkan susu kedelai dalam kulkas agar tahan lama. Dalam satu kasus saya mengolah menggunakan air isi ulang dan hasil susu kedelai saya masukkan ke pendingin/kulkas bisa tahan 2 hari. (bila air jelek maka maksimal cuma tahan 1 hari di kulkas).
  6. Bila terpaksa (tidak disarankan), tambahkan bahan pengawet buatan yang diperbolehkan.

Demikian beberapa tips yang saya dapatkan untuk menambah daya tahan dari susu kedelai. Bila ada info lain selain diatas silahkan informasikan ke saya. Semoga bermanfaat.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

mau nanya bagamana caranya mengawetkan sari kedelai menggunakan bahan pengawet dan bahan pengawet apa yang paling aman untuk digunakan terima kasih

Anonim mengatakan...

mau nanya nih, kalo bikinnya gak pake sarung tangan apakah juga pengaruh terhadap keawetan susukedelai? oia trus klo pakai air PAM kan gak bisa tahan lama, tapi lo pakai air rebusan gimana? thank's za

Jennifer mengatakan...

Wow, terima kasih infonya

Unknown mengatakan...

Saya tahan bisa 3 hari di dalam kulkas,walau tanpa pengawet

my sunsine mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Kalo saya tips nya di rendam pakai air yg di rebus dulu.. jd lebih awet..

Saya mengucapkan Terima Kasih atas kepercayaannya telah membeli Mesin Otomatis Susu Kedelai ini diantaranya: